Hadits Mutawatir Lafdzi dan Maknawi


Hadits Mutawatir Lafdzi

Pengertian Mutawatir Lafdzi adalah hadits yang lafadz-lafadz para perawi itu sama, baik hukum maupun maknanya. Menurut Ibnu Hibban dan Al Hazimi, bahwa hadits yang didefinisakn di atas tidak ada wujudnya. Sedangkan menurut Ibnu Sholah yang diikuti pendapatnya oleh Imam Nawawi, hadits Mutawatir Lafdzi sedikit sekali dan sulit diberikan contohnya kecuali hadits yang artinya sebagai berikut :

Barang siapa yang berdusta dengan sengaja atas namaku, maka hendaknya menempati tempat duduknya di neraka.

Hadits itumempunyai lafadz lain yang hampir sama dan serupa bunyinya. Menurut Imam Nawawi, hadit itu diterima oleh 200 orang sahabat, menurut Zainuddin Al Iraqi diterima oleh 70 sahabat. Jadi mutawatir lafzhi adalah hadits mutawatir yang lafazhnya sama atau hampir sama.

Hadits Mutawatir Maknawi

Pengertian Hadits Mutawatir Maknawi adalah hadits yang lafzh dan maknanya berlainan tapi dapat diambil kesimpulan hadits-hadits itu punya makna yang sama secara umum.

Contoh, Nabi berdoa dengan mengankat tanga. Jika diteliti ada sebanyak 100 buah hadits yang menceritakan hal yang sama, namun berbeda dalam hal lafazh, pengertian dan nilainya. Namun jika disimpulkan dapat diambil makna bahwa Nabi berdoa dengan mengankat tangan. Hadits yang demikian disebut Hadits Mutawatir Maknawi.

Sumber :
Ilmu Mushthalah Hadits, Drs. Muh. Anwar Bc. Hk.

Tag : hadits mutawatir
Back To Top